Pemberitahuan :

Maaf Atas Ketidak Nyamanan, Blog Ini Sedang Dalam PERBAIKAN !!

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate This Blog by JAS_Blog

Jul 26, 2016

Cara Mengatasi Laptop Tiba-tiba Mati Total Tidak Bisa Dihidupkan

Reactions: 
Laptop yang dirancang khusus agar mudah dibawa kemana-mana, tentunya lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan komputer desktop. Semenjak perangkat ini muncul, seolah ia hampir mampu menghipnotis banyak orang untuk mengesampingkan komputer desktop yang cukup sulit dibawa kemana-mana. Memang benar, selain mudah dibawa karena bentuknya yang lebih kecil, bobotnyapun juga lebih ringan.


Namun Anda juga harus tau, bahwa mobilitas yang tinggi, membuat perangkat ini lebih cepat mengalami kerusakan. Dengan berbagai guncangan, tekanan serta gesekan yang mungkin terjadi saat dibawa, akan lebih memperparah kerusakan pada laptop Anda.

Masalah yang paling umum terjadi adalah laptop tiba-tiba mati total dan tidak bisa dihidupkan lagi. Jika problem ini terjadi, alangkah baiknya jika Anda mencoba untuk mengatasinya sendiri, tanpa harus merepotkan orang lain.

Cara mengatasi laptop tiba-tiba mati total tidak bisa dihidupkan

1. Cabut Dan Pasang Kembali Baterai Laptop Anda

Pada tahap awal, cobalah untuk mencabut baterai laptop Anda, kemudian pasang kembali. Setelah terpasang, cobalah untuk menghidupkan laptop Anda. Biasanya hanya dengan cara ini laptop bisa dihidupkan kembali tanpa adanya proses tambahan.

2. Hidupkan laptop menggunakan charger tanpa baterai

Jika langkah pertama belum juga berhasil, cobalah untuk menghidupkan laptop Anda hanya dengan charger langsung, tanpa memasang baterai. Cara ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah baterai mengalami corsleting atau tidak. Sebab, saya pernah mendapatkan beberapa kasus ternyata baterailah yang menyebabkan laptop tidak bisa dihidupkan. Setelah dicabut, biasanya laptop bisa dihidupkan jika memang benar baterai tersebut mengalami corsleting.


3. Cabut memory dan pasang kembali

Selanjutnya cabutlah memory Anda, bersihkan memory tersebut dan pasang kembali. Kemudian cobalah untuk menghidupkan laptop Anda yang mati tersebut. Jika belum ada respon sama sekali, cobalah hidupkan laptop Anda tanpa memory dan lihat apa yang terjadi. Jika berbunyi beep panjang, matikan laptop dan pasang kembali memorinya, kemudian hidupkan kembali laptop tersebut. Sebab, banyak masalah mati total terjadi akibat memory yang kotor dan rusak. Oleh karena itu coba dulu cara tersebut. Untuk tambahan, silahkan bacamengatasi memory laptop rusak.

4. Ganti processor

Coba gantilah processor laptop Anda dengan yang sejenis, lalu lakukanlah pengetesan. Jika laptop Anda bisa dihidupkan, berarti processorlah yang mengalami kerusakan.
 
5. Bongkar dan bersihkan laptop

Pada tahap ini sepertinya sedikit lebih rumit, karena dibutuhkan sedikit pengetahuan tentang bongkar-membongkar. Nah, yang Anda harus lakukan adalah membongkar laptop Anda, mencabut komponen-komponen yang bisa dicabut seperti hard disk, memory, DVD drive, processor, wifi card dan lain-lain. Setelah itu bersihkanlah semuanya menggunakan kuas.

Membersihkan komputer dan laptop dari debu sangatlah penting. Karena debu yang menumpuk pasti akan mengganggu perangkat di dalam casing komputer atau laptop itu sendiri. So, saatnya bersih-bersih.

Langkah berikut lakukanlah pengetesan, tapi tidak usah dipasang utuh ya, cukup lakukan tes diluar casing saja. Lalu apa yang terjadi? 

Jika belum berhasil juga, cobalah hidupkan laptop hanya dengan processor dan memory saja, cabut semua komponen seperti DVD drive, hard disk, wifi card dan lain-lain. Ini juga untuk melihat apakah ada diantara komponen-komponen tersebut yang mengalami corsleting. Sebab banyak kasus laptop mati total akibat adanya korsleting di beberapa komponen tersebut. Sehingga, jika terpasang di mainboard akan menyebabkan laptop tidak bisa dihidupkan.

Namun, jika langkah demi langkah diatas belum ada yang berhasil, dapat dipastikan terjadi kerusakan pada bagian mainboard, entah biosnya rusak atau chipset mainboard tersebut yang rusak. Untuk masalah ini Anda harus membawa laptop Anda ke tempat spesialis reparasi mainboad.
 
Sumber : http://www.palucomputer.com/2014/03/cara-mengatasi-laptop-tiba-tiba-mati.html

1 comment:

  1. Hi, Really great effort. Everyone must read this article. Thanks for sharing.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Tentang Blog Ini (NO SPAM PLEASE) Agar Blog Ini Bisa Lebih Baik Lagi Dari Yang Sekarang.... TERIMA KASIH & SEMOGA BERMANFAAT :)

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!

Copyright @ 2013 JAS Blog. Designed by Templateism | Love for The Globe Press